Share Your Ideas !

Talk Less Do More
Follow Me


By  Z     1:04 PM     


MAKALAH

"MANUSIA DAN KEADILAN"

Makalah Ini Dibuat Untuk Memenuhi Tugas

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar



Disusun Oleh:
Esa Hadistra
13114657
1KA30

JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019

BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Secara teoritis Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia yang bersifat kodrati dan fundamental sebagai suatu anugerah Allah yang harus dihormati, dijaga, dan dilindungi. hakikat Hak Asasi Manusia sendiri adalah merupakan upaya menjaga keselamatan eksistensi manusia secara utuh melalui aksi keseimbangan antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan umum. Begitu juga upaya menghormati, melindungi, dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia menjadi kewajiban dan tangung jawab bersama antara individu, pemeritah (Aparatur Pemerintahan baik Sipil maupun Militer), dan negara.

Bangsa Indonesia dalam perjalanan sejarahnya mengalami kesengsaraan dan penderitaan yang disebabkan oleh penjajahan. Oleh sebab itu Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan ‘’bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan’’. Bangsa Indonesia bertekad ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial yang pada hakikatnya merupakan kewajiban setiap bangsa, sehingga bangsa Indonesia berpandangan bahwa hak asasi manusia tidak terpisahkan dengan kewajibannya.

Dalam kehidupan ini memang sudah di kodratkan bahwa manusia telah di bekali hak-hak sebagai mana hakekat HAM itu sendiri oleh Allah SWT. Pada dasarnya hak sebgai manusia yang patut di junjung tinggi sangatlah banyak .

HAM menurut UU No. 39/1999 di atas meliputi :1. Hak untuk hidup
2. Hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan
3. Hak mengembangkan diri
4. Hak keadilan
5. Hak kemerdekaan (kebebasan pribadi)
6. Hak rasa aman
7. Hak kesejahteraan
8. Hak turut serta dalam pemerintahan
9. Hak wanita dan anak

Hak-hak tersebut sangatlah harus di hormati ,dijunjung dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintahan, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Untuk penekanan kali ini, hak yang saya akan tuangkan/tegaskan lebih jelas ialah HAK KEADILAN.

Jika kita berbicara tentang keadilan. maka, sudahkah kita mendapatkan sebuah keadilan baik secara individu sebagai makhluk ciptaan tuhan, atau pun sebagai warga negara indonesiayang didalam nya semua warga negara mempunyai hak-hak keadilan serta peradilan itu sendiri. tentunya kita patut menuntut akan hak keadilan tersebut. Bila mana hak yang kita miliki tidak di hormati, di injak-injak, bahkan dilecehkan. Kita ambil saja contoh yang simpel tentang pelanggaran hak keadilan. ‘’ beberapa waktu yang lalu banyak pemberitaan tentang lemah nya peradilan negara indonesia. Hal ini terbukti seorang nenek yang tua renta di vonis 5 th penjara. hanya persoalan yang sepele, sebab nya sang nenek mengambil daun jagung tanpa izin. Padahal jika di bandingkan dengan hukuman para koruptor yang sifat kejahatannya jelas jauh lebih besar dari kasus nenek. Tapi vonis yang di jatuh kan malah lebih ringan, 2 th masa tahanan‘’. Dimana letak keadilan yang kita koar-koarkan yang jelas pada sila ke 5 pancasila sudah tertera jelas. Yang mana pancasila adalah daasar negara indonesia. Apakah ini yang dinamakan keadilan ?.


B. TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah HAK ASASI MANUSIA ( hak keadilan ) yaitu :1. Memenuhi tugas yang diberikan pada mata kuliah Pendidikan kewarganegaraan.2. Sebagai proses pembelajaran,pemahaman,pengembangan diri tentang permasalahan- permasalahan pokok HAM.3. Sebagai bentuk perhatian Mahasiswa terhadap Hak Asasi Manusia ( hak keadilan ).4. Pendalaman serta pengkajian yang bersifat ke masyarakatan, akan HAM itu sendiri didalammasyarakat.5. Sarana pengajak peduli akan hak-hak yang dimiliki manusia/ masyarakat, untuk di hargai,hormati dan dijaga sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

About Z

I'am good man . thank you .

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate