Share Your Ideas !

Talk Less Do More
Follow Me

FENOMENA CABE-CABEAN



By  Z     12:18 AM     


Kali ini saya akan membahas fenomena yang lagi gempar di masyarakat khususnya kalangan ABG yaitu "cabe-cabean". apasih cabe-cabean itu ? kenapa bisa jadi cabe-cabean ? dan gimana cara mengatasinya ? mari kita bahas. cekidot !


Apasih Cabe-Cabean itu ?

Ada banyak persepsi di masyarakat tentang Cabe-cabean namun banyak orang umu yang mengatakan kalu Cabe-cabean merupakan sebuah kiasan untuk remaja cewe-cewe berusia di bawah umur yang suka balap liar, bukan berarti mereka yang balap liar tapi mereka menemani para cowo-cowo yang balap liar, dan kebanyakan dari mereka hanya menjadi pelampiasan nafsu para cowo-cowo di arena balap liar.


Ciri Cabe-Cabean itu apa sih ?

Menurut yang saya ketahui banyak ciri dari Cabe-cabean, beriktu ciri-cirinya :

     1.3B ( Behel, Blackberry Berponi)

Bagi cabe-cabean yang mau eksis ini adalah syaratnya, behel mereka gunakan bukan untuk kesehatan melainkan gaya-gayaan saja karena mereka juga memasangnya tidak di dokter gigi melainkan di ahli gigi bahkan hanya ada yang beli di tukang bando gerobak keliling . Blackberry pun masuk jadi salah satu syaratnya karena kalau tidak punya HP yang satu ini belom gaul. dan satu lagi berponi , saya tidak tahu kenapa yang pasti ini menjadi salah satu syarat agar terlihat eksis di kanca per cabe-cabean.

     2. Selalu Make-up


Kemanapun dan kapan pun mereka pergi paracabe-cabean tidak pernah terlepas dari make-up terlebih lagi pada malam minggu. Tujuan utama nya ya hanya biar keliatan menarik khususnya di depan para cowo-cowo.

     3. Bonceng Unlimited


Ibarat internet yang tanpa kuota, yang bisa download sesuatu sebanyak-banyaknya. sama hal nya dengan perilaku para cabe-cabean yang tidak pernah terbatas kuota boncengan motor mereka, kalau saja motor bisa bonceng 10 mungkin mereka akan bonceng 10 :D

     4. Kebut-kebutan


Biasanya cabe-cabean juga hobby kebut-kebutan, apalagi kalau lewat bengkel-bengkel yang banyak anak motor nya , mereka langsung geber-geber motor mereka.

     5. Update Status

nah, biasanya cabe-cabean itu suka update status dimana pun dan sedang apapun mereka, agar terlihat eksis .

     6. Gak Sadar Diri


terkadang mereka juga gak sadar diri , teriakin orang cabe-cabean padahal mereka sendiri cabe.

     7. Pacaran dimana saja

banyak dari cabe-cabean berpendapat "dimana saja kalo pacaran mah, yang penting bisa parkir motor dan berduaan" .

     8. Foto Editan

banyak dari cabe-cabean yang suka narsis foto-foto selfie, namun banyak dari mereka yang meng unggah foto mereka ke media sosial adalah editan , seperti camera 360p ataupun Photoshop.

     9. Pakaian yang tidak pantas

para cabe-cabean sukanya keluar dengan pakain yang tidak pantas dengan umurnya, menggunakan hotpants dan tanktop.

di atas semua ciri-ciri dari cabe-cabean, berikut saya sertakan video parodi ciri-ciri cabe-cabean dari Young Lex




Penyebab mereka jadi cabe-cabean apa sih ?

kenapa sih mereka jadi cabe-cabean ? dan apa penyebabnya ? itu pertanyaan orang-orang awam, ada asap pasti ada api ada akibat pasti ada sebab. berikut faktor-faktor yang mempengaruhi seorang ABG menjadi cabe-cabean .

   ♣ Frustasi 
Beberapa anak beralasan kenapa mereka menjadi cabe-cabean ialah karena frustasi dikarenakan keluarga yang terpecah (Broken Home) , putus dari pacar, dan faktor ekonomi .

   ♣ Lingkungan 
Mayoritas dari mereka yang menjadi cabe-cabean adalah karena faktor lingkungan sekitar tempat tinggal mereka ataupun lingkungan sekolah. Biasanya mereka melakukannya hanya untuk gengsi maupun eksis karena adanya ejekan dari teman-teman sekitarnya.

   ♣ Media
Media juga menjadi salah satu faktor pemicu, karena acara televisi sekarang kurang mendidik dalam ataupun luar negri. lebih lagi di kalangan remaja akan memberi dampak bagi cara pergaulan dan cara berpakaian yang menghasilkan namanya cabe-cabean.

   ♣ Keluarga
Nah, ini lah faktor yang sangat vital kurangnya perhatian dari keluarga. karena hobby dan kebiasaan dari cabe-cabean yaitu suka keluar malam sekitar jam 12 atau jam 3. karena kurangnya pengawasan dari para orang tua dan sikap acuh kepada anak mereka.

dan saya punya video dari pengakuan seorang cabe-cabean, berikut video nya .



Terus, gimana caranya mengatasi permasalahan cabe-cabean ?

Menurut saya, seperti yang kita ketahui faktor pemicu dari perilaku menyimpang ini adalah rasa ketidak pedulian keluarga atas perkembangan anaknya, kurang nya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Mereka lah yang paling bertanggung jawab atas masalah ini dalam masalah pengawasan pergaulan, sikap, cara berpakaian dan cara berkomunikasi. 

Dan yang saya pernah baca di kompas.com yaitu pemerintah seharusnya juga bertanggung jawab atas masalah penyimpangan ini. dan saran dari pengamat adalah kemepora yang seharusnya permasalahan ini menjadi tanggung jawab kemenpora. Menurut pengamat kepolisian dari UI, Bambang Widodo Umar, seharusnya polisi juga berkoordinasi dengan Kemenpora untuk mengatasi munculnya cabe-cabean. "Menpora itu yang paling penting. Selama ini, hal-hal itu (persoalan remaja berikut cabe-cabean) tak tersentuh," kata Bambang, Minggu (6/4/2014).

Seharusnya pihak Kemenpora mengadakan banyak kegiatan untuk remaja yang dapat menampung minat dan bakat mereka. Paling tidak jika mereka punya permasalah mereka dapat melampiaskan nya ke dalam kegiatan yang positif sehingga tidak ada kemungkinan untuk menjadi cabe-cabean.

Menurut dia, tugas Kemenpora bukan hanya menangani kegiatan olahraga dan pemuda berskala besar, melainkan juga kegiatan pemberdayaan pemuda, semacam Karang Taruna. "Anak-anak ini harus segera dibina. Ini kan bangsa kita. Jangan sampai kerusakan ini berlarut-larut," katanya.


Referensi:
Kompas.com
Hati dan Nurani Pribadi

About Z

I'am good man . thank you .

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate