Share Your Ideas !

Talk Less Do More
Follow Me

ANIMASI, DESIGN GRAFIS DAN 3D



By  Z     11:38 PM     



ANIMASI

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Jenis Animasi itu sendiri ada empat menurut Hofstetter, yaitu:

1. Frame Animation
Frame animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar.

2. Vector Animation
Vector animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.

3. Computational Animation
Computational animation adalah uatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.

4. Morphing
Morphing adalah peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk perubahan bentuk satu ke bentuk lainnya.

TOOL YANG DUGUNAKAN

Anime Studio Pro 9
Anime Studio Pro 9 merupakan software animasi 2D berbasis vektor. Software ini lebih simple dan mudah digunakan untuk kalangan pemula.
KELEBIHAN :
1. Anime Studio menggunakan bone dan time line untuk menggerakkan karakter
2. Pada Anime Studio kita hanyak membutuhkan 1 gambar untuk membuat banyak gerakan pada timeline.
3. Anime Studio memiliki banyak fitur untuk pembuatan animasi 2D
4. Anime Studio lebih mudah digunakan dan tidak rumit seperti flash. Sehingga, pembuatan animasi menjadi lebih singkat.
5. Anime Studio menggunakan unique smart bone dan rigging system untuk membuat character skeleton.

KEKURANGAN :
1. Anime Studio hanya bisa digunakan untuk membuat animasi 2D. 




DESAIN GRAFIS


Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori :
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Movie & multimedia termasuk Video, animasi dan special effect.
4. Product Identity (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain  professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan Lansdcape.
5. Desain Produk, packaging dan sejenisnya.

TOOL YANG DUGUNAKAN

Adobe InDesign adalah perangkat lunak desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku.

KELEBIHAN :

  1. Pada Adobe InDesign terdapat fasilitas yang digunakan untuk proses membuat objek gambar tampak blur.
  2. Pada Adobe InDesign terdapat fasilitas Effect Photoshop (shadow, bevel, glow, dll).
  3. Dapat Import dan menampilkan gambar transparant dengan sempurna.
  4. Dapat menggambar ulang suatu LOGO, Object Atau Gambar.
  5. Dapat import file dengan format pdf., ai., psd,. Jpg,. Doc,/docx.
  6. Tersedia fasilitas untuk membuat tabel.
  7. Dapat membuka file pmd.
  8. Dapat dengan mudah convert ke format pdf. Dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Adobe InDesign.


KEKURANGAN :

  1. Hanya saja dapat digunakan untuk membuat Layout Seperti Koran, Majalah, Koran dan lain-lain.
  2. Jika menggunakan atribut justify (Rata Kanan dan Kiri). Hal ini akan menghasilkan jarak antar kata yang tidak seimbang, terlalu renggang atau terlalu rapat. Di butuhkan ketelitian untuk mengatasinya.
  3. Dalam Penggunaan Math Type mengalami kesulitan dalam proses pemindahan.





3 DIMENSIONS (3D)
3D atau 3-DIMENSIONS  adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
KONSEP OBJEK 3D
Membuat Gambar Tiga Dimensi (Perspektif) adalah kegiatan menuangkan angan-angan dalam ukuran tiga dimensi kedalam kertas dua dimensi, baik dengan pengamatan langsung atau berdasarkan kenyataan. Dalam gambar benda yang lebih dekat dengan mata akan tergambar lebih besar bila dibandingkan dengan yang jauh dengan mata. Semakin jauh dari pandangan mata semakin kecil dan akhirnya menghilang dititik horizontal.
Bagian-bagian dalam sebuah Obyek 3 Dimensi :













1. Vertex. Dalam objek 3 dimensi, Vertex (plural : Vertices), dapat diistilahkan sebagai titik  (jamak : Simpul), adalah titik di mana dua atau lebih garis lurus bertemu.




2. Edge. Dalam obyek 3 dimensi, Edge, dapat diistilahkan sebagai tepi, adalah ruas garis yang menghubungkan dua simpul.






3. Face. Dalam objek 3d, Face, dapat diistilahkan sebagai wajah/sisi/permukaan, adalah salah satu permukaan individual dari sebuah benda padat.

   teknik permodelan 3D


Primitives modeling (pemodelan primitif). Metode yang paling sederhana untuk pemodelan tiga dimensi adalah dengan menggunakan objek primitif. Metode ini menggunakan objek geometris primitif seperti silinder, kerucut, kubus dan bola. Model yang kompleks diciptakan dengan cara menggabungkan berbagai objek primitif tadi sehingga menghasilkan bentuk yang rumit sesuai dengan yang diinginkan. Pendekatan ini menjamin konstruksi mudah dibuat karena bentuk-bentuk dasarnya secara matematis dapat didefinisikan dengan cepat dan akurat. Pemodelan primitif digunakan terutama dalam mengembangkan model 3Dimensi pada aplikasi teknis, misalnya dalam pemodelan arsitektur, desain interior, mesin, konstruksi bangunan, dan sebagainya.

Polygonal modeling (pemodelan poligonal). Banyak model 3 Dimensi yang dibuat dengan menggunakan metode poligonal model bertekstur. Pemodelan poligonal adalah metode untuk menciptakan model 3D dengan menghubungkan segmen garis melalui titik-titik dalam ruang 3D. Titik-titik dalam ruang juga dikenal sebagai vertex/vertices (simpul). Model poligonal sangat fleksibel dan dapat ditampilkan oleh komputer dengan sangat cepat. Kekurangannya polygonal modeling adalah tidak dapat membuat permukaan melengkung secara akurat sesuai dengan ukuran geometris yang tepat. Permukaan melengkung biasanya dibentuk melalui metode penghalusan (smoothing) yang dibentuk dari satu garis ke garis lainnya, atau dari satu poligon ke poligon lainnya. Oleh karena itu, polygonal modeling biasa dipergunakan untuk membuat model-model 3 Dimensi objek non geometris, seperti pada pemodelan karakter atau character modeling, kartun, mahluk hidup, dan lain-lain.

NURBS adalah singkatan dari Non-Uniform Rational B-Spline), salah satu metode pemodelan yang menggunakan garis melengkung halus sebagai dasar dari pembentukan objek 3 dimensi. NURBS modeling dapat ditemukan dalam perangkat lunak populer seperti Maya, 3DS MAX. Pengembang dapat membuat permukaan-halus pada model 3D dengan menggunakan teknik pemodelan ini. Tidak seperti teknik pemodelan poligonal yang dapat menghasilkan permukaan melengkung melalui perkiraan menggunakan poligon banyak, pemodelan NURBS benar-benar menciptakan permukaan melengkung halus melalui garis lengkung (Spline) secara akurat. Oleh karena itu, NURBS modeling biasa dipergunakan untuk pembuatan model-model 3 Dimensi objek-objek geometris dengan tingkat keakuratan tinggi, misalnya pada pemodelan pesawat, mobil, dan lain-lain.
Patch modeling Metode ini serupa dengan prosedur pemodelan NURBS. Model 3 Dimensi dibuat dengan menggunakan garis-garis lengkung untuk mengidentifikasi permukaan yang terlihat. Pada Patch modeling, objek 3 Dimensi akan tersusun atas permukaan-permukaan berbentuk segitiga atau segiempat yang saling berhubungan.

TOOL YANG DUGUNAKAN

   3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
   3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

KELEBIHAN :

  1. Banyak sekali fitur professional untuk pemodelan, animasi, simulasi, dll yang sangat berperan penting dalam dunia entertainment dan per-film-an
  2.   Pembuatan animasi objek yang sangat mudah
  3.  Sangat mendukung pemodelan tingkat professional (editable poly, editable mesh, editable spline, editable patch dengan vertex, face, element, dll)
  4. Terdapat simulasi alam seperti simulasi angin, air, api, gravitasi, kain, dll yang bisa Anda explorasi di bagian reactor
  5. Mudahnya merender dengan hasil cukup memuaskan (tanpa plugin tambahan seperti vray) seperti dengan menggunakan mode matahari skylight dan light tracer pada bagian render tab advanced lighting.
  6. Mendukung script 3dsmax (MAX SCRIPT) yang berekstensi ms, mscr, txt, dat, dll
  7. Masih banyak fitur yang dapat ditemukan yang tidak dapat disebutkan satu persatu oleh Saya apabila dibandingkan dengan google sketchup

KEKURANGAN :

Karena banyak sekali fitur professional di 3ds max  ini, maka membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari hingga menjadi professional untuk memanfaatkan semua sumber daya 3ds max secara maksimal.


Saran :

Kemampuan orang indonesia dalam bidang animasi terbilang handal atau professional namun dukungan dari pemerintah yang kurang, menjadikan bakat ini sia-sia. Karena itu banyak orang indonesia bekerja dalam bidang animasi ini di luar negri yang notabene lebih dihargai dengan nominal tinggi. Saya harap saran untuk pemerintah lebih memperhatikan lapangan kerja dalam sector animasi ini karena berpotensi sangat besar kedepannya dalam bidang ini.

 



About Z

I'am good man . thank you .

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate