Share Your Ideas !

Talk Less Do More
Follow Me

PENDUDUK



By  Z     7:10 AM     
Di posting saya sebelumnya saya telah membahas tentang Keterkaitan Ilmu Sosial Dasar dengan Sistem Informasi. Kali ini saya ingin membahas Keterkaitan Penduduk dengan Kebudayan.

Pada dasarnya Penduduk dengan Kebudayaan itu mempunyai keterkaitan yang kuat, karena dari kebudayaan itu sendiri akan terlahir norma-norma dalam kehidupan, yang memacu kepada sikap atau perilaku dari individu itu sendiri. apasih definisi dari Penduduk ? dan apasih definisi dari kebudayaan ? dan apa hubungannya ? mari kita bahas satu per satu.

A. Penduduk

 1. Pengertian Penduduk
Definisi Penduduk secara umum yaitu Sekelompok orang yang berada/mendiami suatu wilayah dalam waktu tertentu yang cukup lama serta terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu. 
Dalam Sosiologi definisi Penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Definisi secara umum bahwa suatu individu ataupun kelompok bisa dikatakan sudah menjadi penduduk resmi suatu negara jika individu tersebut telah mendiami suatu negara dalam jangka waktu yang ditentukan negara tersebut dan mendapatkan surat pengakuan dari resmi dari pemerintahan negara tersebut, dengan kata lain dia mendapat pengakuan kewarganegaraan dari negara tersebut. berikut ada 2 macam cara mendapatkan kewarganegaraan resmi menurut UU yang berlaku di Indonesia:

     ♦ Menurut Kelahiran
anak yang lahir dari ayah dan ibu yang sah menjadi kewarganegaraan negara tersebut. cotoh, ketika anak lahir dari ayah dan ibunya warga negara Indonesia maka secara otomatis anak itu juga menjadi warga negara Indonesia.

     ♦ Melalui Pengangkatan
Jika seorang anak kecil yang belum tau kewarganegaraannya lalu ada WNI yang ingin mengangkatnya dan mendapatkan penetapan dari pengadilan maka anak tersebut resmi menjadi WNI.

     ♦ Melalui Pewarganegaraan
jika ada seorang WNA yang ingin menjadi WNI dia harus tinggal di Indonesia selama 10 tahun tidak berturut-turut atau setidaknya 5 tahun berturut-turut, bersih dalam hukum dan umurnya pun di atas 18 tahun serta punya pekerjaan/penghasilan tetap di Indonesia, dia bisa menjadi WNI dan dia tidak dapat mempunyai kewarganegaraan ganda.


     ♦ Melalui Perkawinan
Jika ada seorang WNA yang menikahi WNI sah secara hukum, dia dapat memilih menjadi WNI dengan cara berikrar didepan pemerintah yang bersangkutan.

 Adapun definisi Penduduk menurut para ahli:


♠ JONNY PURBA
 Penduduk adalah orang yang matranya sebagai diri pribadi, anggota keluarga, anggota masyarakat, warga negara, dan himpunan kuantitas yang bertempat tinggal di suatu tempat dalam batas wilayah negara pada waktu tertentu

♠ SRIJANTI & A. RAHMAN
 Penduduk adalah orang yang mendiamisuatu tempat dalam wilayah tertentu dengan tanpa melihat status kewarganegaraan yang dianut oleh orang tersebut

♠ AHMAD YANI & MAMAT RAHMAT
 Penduduk merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu wilayah atau negara

♠ WALUYO, SUWARDI, AGUNG FERYANTO, TRI HARHANTO
 Penduduk merupakan potensi, tetapi sekaligus beban bagi suatu daerah.

♠ P.N.H SIMANJUNTAK
 Penduduk adalah mereka yang bertempat tinggal atau berdomisili di dalam suatu wilayah negara

♠ Dr. KARTOMO
 Penduduk adalah semua orang yang mendiami suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu, terlepas dari warga negara atau bukan warga negara

♠ AA NURDIMAN
 Penduduk adalah mereka yang menetap dan berdomisili dalam suatu negara

♠ SRI MURTONO, HASSAN SURYONO, MARTIYONO
 Penduduk adalah setiap orang yang berdomisili atau bertempat tinggal di dalam wilayah suatu negara dalam waktu yang cukup lama

♠ TIM MATRIX MEDIA LITERATA
  Penduduk adalah sekumpulan orang yang hidup dalam suatu wilayah geografis



2. Analisa Masalah

Permasalahan suatu penduduk biasanya tidak jauh dari kualitatif dan kuantitaif. salah satu faktor kemajuan suatu negara adalah seberapa banyak penduduk di negara tersebut dan seberapa produktif kah mereka. berikut penjelasannya .

 ◘ Besarnya Jumlah Penduduk

Kepadatan Penduduk di suatu negara menjadi hal yang sangat diperhatikan di setiap negara. di karenakan semakin padat negara tersebut semakin banyak butuh sumber daya alam dan lapangan kerja, jika hal itu tidak dapat terpenuhi maka keseimbangan tidak akan tercipta, akibatnya rasio akan ketergantungan tinggi sehingga negara memiliki tanggungan yang besar untuk penduduknya yang dapat menghambat pembangunan dan angka pengangguran menjadi tinggi. ada 2 faktor yang mempengaruhi besarnya jumlah penduduk disuatu negara ataupun daerah.

 1. Tingginya Tingkat Pertumbuhan Penduduk (Kuantitatif)

Ini menjadi salah satu faktor utama dari kepadatan penduduk suatu negara. Bisa kita lihat dari gambar disamping disana angka pertumbuhan indonesia menurun tapi belum cukup untuk membuat negara Indonesia menjadi negara maju. karena beberapa negara maju contohnya Amerika mempunyai angka pertumbuhan penduduk kurang dari 1%. Apabila tingginya angka pertumbuhan penduduk ini mengakibatkan angka kemiskinan tinggi , tingkat kualitas sumber daya alam yang menurun, angka kejahatan yang tinggi dan dampak-dampak negatif lainnya yang dapat merugikan.


 2. Persebaran Penduduk yang Tidak Merata (Kuantitatif)

Kepadatan jumlah penduduk disuatu wilayah dibandingkan dengan luas wilayahnya yang dihitung jiwa per km kuadrat. Berdasarkan hasil survey di Indonesia banyak wilayah Indonesia yang persebaran penduduknya tidak merata. faktor yang mempengaruhinya adalah banyaknya warga desa yang berbondong-bondong ke jakarta (Urbanisasi) dengan tujuan mengadu nasib. yang mengakibatkan Jakarta penuh dengan pendatang dari desa dan desa menjadi sedikit penduduknya. dan itu menjadi PR berat bagi jakarta karena harus menyediakan lapangan kerja untuk para pendatang, kalau tidak mencukupi maka angka kemiskinan akan semakin tinggi.


 3. Pendidikan yang Rendah (Kualitatif)

Kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya Pendidikan maka angka pendidikan di Indonesia masih rendah meskipun Indonesia sudah menggalakkan wajib belajar 9 tahun namun ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih belum terlaksana mengingat banyaknya pulau di Indonesia dan belum di jangkau oleh pihak survey pendidikan Indonesia. dan meskipun di jakarta pun sudah wajib belajar 12 tahun masih saja banyak orang tua yang tidak membiarkan anaknya untuk bersekolah dengan alasan tidak ada biaya untuk sekolah padahal pihak pemerintah sudah menggratiskan biaya sekolah Negri. Namun ada juga beberapa yang bersekolah namun masih menjadi pengangguran, ini dikarenakan faktor kualitas dari individu itu sendiri yang kurang dapat bersaing meraih lapangan kerja.
Dampak dari itu semua adalah angka pengangguran menjadi semakin tinggi , seperti yang kita lihat di gambar sebelah. seperti yang kita lihat angka pengangguran tertinggi yaitu lulusan SMA. namun bukan berarti kita tidak harus SMA karena percuma, karena kebanyakan orang bilang " untuk apa sekolah ? toh SMA juga banyak yang nganggur kan, bahkan lulusan sarjana juga banyak yang nganggur" itu bukan lah suatu alasan untuk seorang anak mendapatkan pendidikan.

 4. Angka Kemiskinan Tinggi (Kualitatif)

Ini adalah salah satu permasalahan yang sangat diperhatikan setiap negara termasuk Indonesia, angka kemiskinan yang tinggi di karenakan kurangnya kualitas kemampuan dari seorang individu jadi dia tidak dapat bersaing dengan yang lainnya. hal ini ada kaitnnya juga dengan pendidikan yang rendah .

Dari data disamping kita bisa lihat bahwa angka kemiskinan di Indonesia menurun tapi itu tidak cukup untuk membuat Indonesia menjadi negara maju.










3. Solusi
 Untuk mencapai pemerataan yang merata sebaiknya pihak pemerintah menggalakkan program Transmigrasi. Transmigrasi yaitu memindahkan penduduk dari wilayah yang padat penduduknya ke tempat yang sedikit penduduknya lebih tepatnya perpindahan penduduk dari kota ke desa, karena banyak warga jakarta yang tidak punya KTP asli jakarta dan yang tinggal ditempat yang bukan seharusnya dikembalikan saja ketempat asalnya. dan lebih digalakkan untuk program KB dan lebih sering diadakan seminar mengenai "dua anak lebih baik".Dari solusi itu kita bisa berharap bahwa lapangan kerja dengan sumber daya manusia yang ada seimbang jadi bisa menurunkan angka kemiskinan. dan memfokuskan di bidang pendidikan untuk wajib belajar 12 tahun yang merata se-Indonesia dan membuat lulusan-lulusan yang lebih berkarakter sehingga bisa bersaing di zaman ini.





Ref:
https://www.scribd.com
http://sma6semarang.wordpress.com/2008/03/29/cara-memperoleh-kewarganegaraan-republik-indonesia/
http://carapedia.com/pengertian_definisi_penduduk_info2150.html
http://hamimincore.blogdetik.com/2013/05/25/masalah-kependudukan-di-indonesia/
http://id.wikipedia.org/
http://lalayulia.blogspot.com/2011/10/pengertian-penduduk-masyarakat-dan.html


About Z

I'am good man . thank you .

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate