Share Your Ideas !

Talk Less Do More
Follow Me

IPTEK dan KEMISKINAN



By  Z     4:53 AM     
 
    IPTEK
A. Ilmu Pengetahuan
 1. Pengertian Ilmu Pengetahuan

Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm" yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahuiJadi Ilmu, Sains, atau Ilmu Pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu pengetahuan pada dasarnya memiliki tiga komponen penyangga tubuh pengetahuan yang disusunnya yaitu :
  • Epistemologis hanyalah merupakan cara bagaimana materi pengetahuan diperoleh dan disusun menjadi tubuh ilmu pengetahuan.
  • Ontologis dapat diartikan hakekat apa yang dikaji oleh pengetahuan, sehingga jelas ruang lingkup ujud yang menajdi objek penelaahannya. Atau dengan kata lain ontologism merupakan objek formal dari suatu pengetahuan.
  • Aksiologis adalah asas menggunakan ilmu pengetahuan atau fungsi dari ilmu pengetahuan.

Mohammad Hatta, Ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut hubungannya dari dalam.

Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag, Ilmu adalah yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan keempatnya serentak.

Karl Pearson, Ilmu adalah lukisan atau keterangan yang komprehensif dan konsisten tentang fakta pengalaman dengan istilah sederhana.

Ashely Montagu, Guru Besar Antropolo di Rutgers UniversityIlmu adalah pengetahuan yang disususn dalam satu system yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menetukan hakikat prinsip tentang hal yang sedang dikaji.

Afanasyef, seorang pemikir Marxist bangsa Rusia Ilmu adalah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat, dan pikiran. Ia mencerminkan alam dan konsep-konsep, kategori dan hukum-hukum, yang ketetapnnya dan kebenarannya diuji dengan pengalaman praktis.

The Liang Gie 1991 Sekumpulan proposisi sistematis yang terkandung dalam pernyataan-pernyataan yang benar dengan ciri pokok yang bersifat general, rational, objektif, mampu diuji kebenarannya (verifikasi objektif), dan mampu menjadi milik umum .

J. Haberer 1972 Suatu hasil aktivitas manusia yang merupakan kumpulan teori, metode dan praktek dan menjadi pranata dalam masyarakat.

J.D. Bernal 1977 Suatu pranata atau metode yang membentuk keyakinan mengenai alam semesta dan manusia.

E. Cantote 1977 Suatu hasil aktivitas manusia yang mempunyai makna dan metode.1977 -1992.

Cambridge-Dictionary 1995 Ilmu Pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai objek dan tujuan tertentu dengan sistim, met ode untuk berkembang serta berlaku universal yang dapat diuji kebenarannya.

B. Teknologi
 1. Pengertian Teknologi

Teknologi adalah pemanfaatan ilmu yang berbentuk suatu benda atau objek yang diciptakkan oleh manusia yang bisa bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada.


   KEMISKINAN

Kemiskinan pada dasarnya merupakan salah satu bentuk problema yang muncul dalam kehidupan masyarakat. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian dan tempat berteduh.Atau dengan pendapat lain, yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan.

Kemiskinan menurut pendapat umum dapat dikategorikan ke dalam 3 kelompok, yaitu :
  1. Kemiskinan yang disebabkan aspek badaniah atau mental seseorang. Pada aspek badaniah, biasanya orang tersebut tidak bisa berbuat maksimal sebagaimana manusia lainnya yang sehat jasmani. Sedangkan aspek mental, biasanya mereka disifati oleh sifat malas bekerja dan berusaha secara wajar, sebagaimana manusia lainnya.
  2. Kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam. Biasanya pihak pemerintah menempuh dua cara, yaitu memberi pertolongan sementara dengan bantuan secukupnya dan mentransmigrasikan ke tempat hidup yang lebih layak.
  3. Kemiskinan buatan atau kemiskinan struktural. Selain disebabkan oleh keadaan pasrah pada kemiskinan dan memandangnya sebagai nasib dan takdir Tuhan, juga karena struktur ekonomi, sosial dan politik.

HUBUNGAN ANTARA IPTEK DAN KEMISKINAN

Penerapan IPTEK dalam pembangunan dapat dikatakan telah memajukan bangsa dalam beberapa sector contohnya dalam bidang pertanian dan industri, yang mereka dapatkan adalah kemudahan dalam menjalankan pekerjaan mereka seperti dalam bidang pertanian mereka menggunakan handtractor, tressure, hingga penggilingan padi dapat kita temui di berbagai pedesaan di Indonesia. dan kemudian dalam bidang industri mereka menggunakan robot dalam proses produksi mereka, dan seperti yang saya lihat di berita di negara tiongkok sudah menerapkan sistem robotik dalam bidang industri jadi semakin banyak robot semakin sedikit kesempatan manusia untuk kerja dalam pabrik dan faktor inilah salah satu yang menimbulkan kemiskinan di karenakan pengangguran yang meingkat.


Sumur bang:
http://ruardy.wordpress.com/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-iptek-kemiskinan/
http://id.wikipedia.org
Hati dan Nurani







About Z

I'am good man . thank you .

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate